Minggu, 24 Februari 2013

Teknologi Menghindari Tabrakan Dari Nissan

Teknologi keselamatan mobil Nissan Teknologi keselamatan mobil Nissan
Minggu lalu, Nissan Motor Company, Ltd memperkenalkan salah satu teknologi keselamatan baru yang memungkinkan mobil tidak akan menabrak dinding atau mobil lain, yang bisa saja terjadi kalau pengemudi salah menginjak pedal, dalam hal ini adalah pedal gas.
Sistem ini memiliki kemampuan menghindari tabrakan dengan menerapkan pengereman dan mengambil alih kemudi secara otomatis. Autonomous Emergency Steering System (AESS) menggunakan informasi dari 2 radar di depan (kanan dan kiri) dan kamera Arround View Monitor dan sonar ultrasonik, sistem mendeteksi apakah ada rintangan berupa dinding ke arah mobil bergerak (bisa depan dan belakang). Kalau ada dinding ke arah mobil bergerak, sistem secara otomatis mengurangi tekanan pedal gas dan, bila perlu, mengaktifkan rem sebelum tabrakan terjadi, serta lima laser scanner yang terpasang di sekeliling mobil. Sistem ini oleh Nissan disebut fungsi Emergency Assist for Pedal Misapplication (EAPM). Dijelaskan pula, sistem bekerja dengan fungsi deteksi parkir yang sudah dikembangkan Nissan sejak 2010.

Dengan sistem ini, tabrakan karena salah injak pedal—khusus di tempat parkir—bisa dikurangi atau dicegah. Model Nissan yang langsung menggunakan teknologi ini adalah MPV premiumnya, Elgrand terbaru, yang mulai dipasarkan di penghujung tahun ini di Jepang, dan beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. "Ini merupakan mobil pertama di dunia yang menggunakan teknologi tersebut," ungkap Nissan pada situsnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar