Kendaraan pertama yang
menggunakan tenaga mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph
Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun
1769. Peningkatan mesin uap paling dikenal dikembangkan di Birmingham,
Inggris oleh Lunar Society. Di Birmingham pun mobil tenaga bensin
pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William
Lanchester. Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada
Oliver Evans pada 1789. Pada tahun 1804 Evans mendemonstrasikan mobil
pertamanya di AS, yang juga merupakan kendaraan amfibi pertama yang
kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di
air menggunakan roda padel.
.:[Close][Klik 2x][Tutup]:.
Sejarah dan Peristiwa
Nikolaus August Otto adalah penemu Jerman yang pada tahun 1876
menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran. Pembakaran bagian
dalam mesin merupakan suatu hasil pemikiran yang cermat dan ini dipakai
untuk penggunaan dalam gerakan mesin mobil. Banyak percobaan dilakukan
membuat mobil sebelum Otto menciptakan mesinnya. Beberapa penemu seperti
Siegfried Marcus (1875), Etienne Lenoir (1862) dan Nicolas Joseph
Cugnot (1769), telah berhasil membikin model yang bisa bergerak. Tetapi
berhubung kekurangan dalam mengkombinasikan antara keringanan dan
kecepatan, tak satu pun model itu punya arti praktis untuk digunakan.
[Mesin 4 Tak Otto] Dalam jangka waktu lima belas tahun sejak Otto
menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran, dua penemu yang
berbeda-beda, Karl Benz dan Gottlieb Daimler, masing-masing secara
tersendiri membuat mobil yang praktis dan laku di pasar. Tetapi jelas,
berjuta-juta mobil di abad lalu 99% menggunakan mesin dengan empat
dorongan pembakaran. Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang
menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman
yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim dan
Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart. Mesin Otto digunakan
oleh pelopor mobil Gottlieb Daimler dan Karl Benz.
Gottlieb Wilhelm Daimler
Gottlieb Wilhelm Daimler yang terlahir tanggal 17 Maret 1834 adalah
seorang insinyur Jerman yang membuat mobil pertama (bersama dengan Carl
Friedrich Benz). Pada tahun 1882 Gottlieb Daimler memisahkan diri dari
perusahaan karena dia mengambil keputusan mau memprodusir mesin untuk
sepeda. Menjelang tahun 1883 dia berhasil menciptakan mesin dengan
sistem pembakaran sempurna yang mampu menggerakkan mesin dengan
kecepatan putaran 700-900 per menit.
[Daimler Car - www.daimler.co.uk] Daimler berusaha mati-matian membuat
mesin untuk sepeda yang berarti sepeda motor pertama di dunia. Tahun
berikutnya Daimler membuat mobil roda empatnya yang pertama. Tak
dinyana, Karl Benz menggebraknya bikin mobil beroda tiga beberapa bulan
mendahuluinya. Mobil Benz, seperti halnya Daimler, digerakkan oleh mesin
versi Otto. Gottlieb Daimler mulai memasarkan mobilnya sedikit lebih
belakang dari Benz dan dia pun sukses.
Pada tahun 1890 ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Mobil
Daimler pertama berkekuatan enam tenaga kuda dijual kepada Pangeran
Wales. Mobil 'Benzine Buggy" dipatenkan tahun 1895. Pada 24 tahun
setelah kematian
Daimler, manajemen DMG menandatangani persetujuan kooperatif dengan Benz
& Cie milik Carl Benz dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu
bergabung membentuk Daimler-Benz AG, yang kini bagian Daimler AG.
Daimler wafat pada 6 Maret 1900 dan penemuannya yang mendapatkan paten
pertama adalah mesin empat tak (1883)
Karl Friedrich Benz
Karl Friedrich Benz yang lahir pada tanggal 25 November 1844 adalah
seorang insinyur otomobil Jerman. Umumnya ia (bersama Gottlieb Daimler
yang sezamannya) dipandang sebagai salah satu pencipta otomobil berbahan
bakar bensin. Ia juga putra seorang masinis.
[The Benz Velo - www.emercedesbenz.com] Karl Benz membikin mobil beroda
tiga, dengan tekun terus menyempurnakan mobilnya dan dalam beberapa
tahun berhasil memasarkannya. Mobil Benz dapat melaju dalam kecepatan
mesin di bawah 400 putaran per menit, ini sudah memadai untuk dianggap
mobil praktis.
Pada 1903 Benz pensiun dari Benz & Co., tapi tetap sebagai anggota
dari papan pengawas sampai kematiannya. Perusahaan Benz dan Daimler
bergabung membentuk Daimler-Benz di 1926, yang kemudian berganti nama
menjadi Mercedes-Benz. Karl Friedrich Benz meninggal di Ladenburg di
Neckar, Jerman. Pada tanggal 4 April 1929 - Tokoh Ilmuwan Penemu - http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2010/01/sejarah-penemuan-mobil.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar